Sabtu, 21 November 2015

Pengertian Populasi

7 Pengertian Populasi Menurut Para Ahli Lengkap - Biasanya dalam membuat suatu karya ilmiah atau penelitian, ada orang yang menggunakan sampel, sampling juga populasi. Dalam pembahasan kali ini, seputarpengetahuan.com akan menjelaskan apa yang dimaksud dengan populasi dan penjelasan yang akan dijelaskan oleh para pakar di bidangnya.



  • Margono (2004)
Populasi merupakan seluruh data yang menjadi pusat perhatian seorang peneliti dalam ruang lingkup & waktu yang telah ditentukan. Populasi berkaitan dengan data-data. Jika setiap manusia memberikan suatu data, maka ukuran atau banyaknya populasi akan sama dengan banyaknya manusia.
  • Suharsimi Arikunto
Populasi diartikan sebagai keseluruhan dari subjek atau objek penelitian. Jika seorang peneliti ingin meneliti semua elemen yang ada didalam wilayah penelitiannya, maka penelitiannya  itu merupakan penelitian populasi.
Sugiyono (2008)
Populasi merupakan wilayah generalisasi yang terdiri atas subyek atau objek  yang memiliki karakter & kualitas tertentu yang ditetapkan oleh seorang peneliti untuk dipelajari yang kemudian ditarik sebuah kesimpulan.
  • Hadari Nawawi (1983)
7 Pengertian Populasi Menurut Para Ahli LengkapMenurutnya populasi ialah keseluruhan dari objek penelitian yang terdiri atas manusia, hewan, benda-benda, tumbuh-tumbuhan, peristiwa, gejala-gejala, ataupun  nilai tes sebagai sumber data yang mempunyai karaktersitik tertentu dalam suatu penelitian yang dilakukan.
  • Nazir (2005) 
Mengemukakan bahwa populasi ialah sekumpulan individu-individu dengan kualitas dan karakter yang sudah ditetapkan oleh peneliti. Ciri atau kualitas itu yang dinamakan sebagai variabel. Ia membagi populasi menjadi dua yakni populasi finit dan infinit.
  • Furchan (2004)
Menjelaskan bahwa populasi ialah objek, seluruh anggota kelompok orang, atau kejadian yang telah dirumuskan oleh peneliti secara jelas.
  • Ismiyanto
Mengemukakan populasi ssebagai keseluruhan subjek ataupun totalitas subjek penelitian baik itu berupa orang, benda, ataupun suatu hal yang di dalamnya bisa diperoleh data informasi dalam penelitian.
  • Menurut Margono, populasi bisa dibedakan menjadi dua yakni :
Populasi teoretis (teoritical population)
Yaitu sejumlah populasi yang batasannya telah ditetapkan secara kualitatif. Seperti populasi guru yang ditetapkan berusia 26 tahun sampai dengan 46 tahun, pendidikannya S1, dls.
Populasi yang tersedia (accessible population)
yaitu sejumlah populasi yang secara kuantitatif bisa dinyatakan dengan tegas dan tepat. Contohnya, sebanyak 300 guru atau pendidik di kota Bandar Lampung terdiri dari guru yang memiliki karakteristik yang sesuai dengan populasi teoretis yang telah ditetapkan.

Sumber : http://www.seputarpengetahuan.com/2015/06/pengertian-populasi-menurut-para-ahli.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar