Sabtu, 21 November 2015

Kelainan Dan Gangguan Pada Otot Manusia


Ada beberapa macam kelainan atau gangguan pada otot manusia, diantaranya yaitu:
9 Kelainan Dan Gangguan Pada Otot Manusia


  1. Tetanus: Merupakan suatu kondisi ketegangan otot yang terus menerus karena terinfeksi oleh bakteri Clostridium tetani sehingga otot terus menerus berkontraksi.
  2. Terkilir: Disebabkan oleh kerja otot antagonis, dimana cara kerja ini menyebabkan gerakan yang kacau, sehingga ujung tulang tidak kembali pada tempatnya.
  3. Kram: Sama dengan kejang otot. Kram terjadi karena otot bekerja terus menerus atau bekerja terlalu berat sehingga otot mengejang dan menyebabkan rasa sakit. Selain itu, kram juga bisa terjadi karena cuaca dingin atau merupakan gejala ketidakseimbangan air dan ion di dalam tubuh.
  4. Polio: Merupakan suatu kondisi mengecilnya otot karena serangan virus polio. Penyakit ini dapat dicegah dengan memberikan imunisasi polio pada bayi.
  5. Kelelahan otot: Suatu kondisi dimana otot tidak bisa melakukan kontraksi, sehingga bisa menyebabkan terjadinya kram.
  6. Kaku Leher: Terjadi karena gerak yang menghentak secara tiba-tiba atau mendadak ataupun salah gerak, sehingga mengakibatkan otot leher meradang.
  7. Hernia abdominal: Terjadi karena sobeknya dinding otot perut sehingga usus turun ke bawah dan masuk ke dalam rongga perut.
  8. Astrofi otot: Yakni terjadinya penurunan fungsi kerja otot secara maksimal yang diakibatkan karena otot mengecil & jehilangan fungsi kontraksi.
  9. Distrofi otot: Merupakan suatu kelainan pada otot yang biasanya terjadi pada anak-anak atau balita karena adanya suatu penyakit atau kecacatan sejak lahir.
Sumber : http://www.seputarpengetahuan.com/2015/09/9-kelainan-dan-gangguan-pada-otot.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar